Jenis-Jenis Letter of Credit (L/C)

Irrevocable Letter of Credit

Irrevocable L/C adalah Letter of Credit yang tidak dapat diubah atau dibatalkan secara sepihak.

Revocable Letter of Credit

Revocable L/C adalah Letter of Credit yang sewaktu-waktu dapat diubah atau dibatalkan secara sepihak. Pada kenyataannya jenis L/C ini jarang digunakan, karena tidak ada jaminan kepada kedua belah pihak.

Confirm Letter of Credit

Confirm L/C adalah Letter of Credit yang dijamin oleh 2 bank, yaitu opening bank dan confirming bank.

Transferable Letter of Credit

Transferable L/C adalah Letter of Credit yang memberikan hak kepada eksportir untuk memindahkan sebagian atau seluruh nilai L/C kepada satu atau beberapa pihak lain.

Hal ini terjadi di mana pihak beneficiary (penjual) harus membeli barang terlebih dahulu kepada pihak ketiga, tetapi yang bersangkutan tidak mempunyai cukup dana. Agar perdagangan ini tetap bisa terlaksana, beneficiary meminta importir agar membuka transferable L/C.

Dengan dasar tersebut beneficiary meminta advising bank memindahkan untuk kepentingan pihak ketiga yang merupakan second beneficiary. Syarat dan kondisi seluruhnya sama kecuali jumlah L/C, Harga satuan, jangka waktu L/C, jangka waktu pengiriman.

Back To Back Letter of Credit

Pada prinsipnya sama dengan Transferable L/C, di mana beneficialy bukan merupakan eksportir sesungguhnya, tetapi pihak ketiga.

Beneficiary tidak meminta importir untuk membuka transferable L/C, tetapi yang dibuka adalah L/C biasa.

Setelah beneficiary menerima L/C, kemudian beneficiary datang kepada advising bank dan meminta dibukakan L/C baru untuk kepentingan pihak ketiga yang merupakan produsen atau penjual sebenarnya.

Di dalam dokumen pengapalan seluruhnya menggunakan identitas beneficialy. Invoice, packing list, Faktur dan dokumen lainnya diganti dengan menggunakan identitas beneficiary, sehingga importir akan menganggap bahwa yang memiliki barang adalah beneficialy. Selisih antara dokumen yang diterima dengan dokumen yang diterbitkan adalah merupakan keuntungan beneficiary.

Revolving Letter of Credit

Revolving L/C Adalah Letter of Credit yang penggunaannya dapat dilakukan secara berulang-ulang. Biasanya digunakan untuk pengiriman barang yang dilakukan secara bertahap atau parsial.

Misalnya dalam kontrak penjualan USD 300,000, pengiriman secara bertahap dalam 3 bulan, masing-masing USD 100,000 per bulan.

Red Clause Letter of Credit

Red Clause L/C Adalah Letter of Credit di mana opening bank memberikan kuasa kepada bank pembayar (negotiating bank) untuk membayar uang muka kepada beneficiary sebagian atau seluruh nilai L/C sebelum beneficiary menyerahkan dokumen.

Pada jenis L/C ini cukup berisiko pada pihak importir, karena importir memberikan modal berupa uang muka (Down Payment) kepada eksportir agar barang dapat disediakan dan dikirim.
Risiko importir merupakan risiko opening bank juga.

Karena Beneficiary menerima DP, sebagai konsekuensinya Beneficiary harus menandatangani surat pernyataan sanggup menyerahkan dokumen lengkap dan waktu yang sesuai dengan yang diminta pada L/C.

Upas (Usance Payable At Sight) Letter of Credit

Upas L/C Adalah Letter of Credit yang pembayarannya kepada supplier secara tunai (at sight)
tetapi pembeli membayar kepada bank secara kredit/berjangka.

, , , , , , , , , ,

Comments are closed.