Produk Perbankan Terkait Trade Finance

Artikel kali ini akan membahas produk perbankan dan layanan perbankan terkait trade finance atau perdagangan antar negara (ekspor impor)

Negosiasi Wesel Ekspor

Negosiasi Wesel Ekspor (NWE) adalah jaminan pembayaran yang diberikan oleh Bank pembuka L/C kepada eksportir atas penyerahan dokumen ekspor. Bank akan menalangi (memberikan) dana ke nasabah sebesar nilai yang tercanturn pada dokumen dikurangi biaya-biaya. Kemudian negotiating bank mengirim dokumen ke opening bank untuk menagih dan penggantian pembayaran (reimbursrment).

Diskonto Wesel Ekspor

Diskonto Wesel Ekspor (DWE) adalah sarana pendanaan atas Usance L/C (UL/C) yang diterima eksportir. Persyaratan yang utama adalah UL/C tersebut sudah diakseptasi oleh bank pembuka L/C (Opening Bank/Issuing Bank).

Akseptasi adalah kesanggupan bank pembuka UL/C untuk membayar senilai sesuai pada dokumen pada saat jatuh tempo.

Forfaiting

Forfaiting adalah jenis pembiayaan ekspor barang dan jasa yang diberikan oleh sebuah lembaga pendanaan (forfaiter). Sama dengan Diskonto Wesel Ekspor (DWE) yang membutuhkan persyaratan utama yaitu UL/C yang telah mendapat akseptasi dari bank pembuka L/C (Opening Bank/Issuing Bank).

Outgoing Documentary Collection

Outgoing Documentary Collection adalah layanan perbankan untuk penagihan terhadap importir melaui bank importir.

L/C Opening

Bank bertindak sebagai bank penerbit Letter of Credit atau issuing bank. Produk perbankan ini digunakan oleh pihak importir.

L/C Confirmation

Bank melakukan konfirmasi atas permintaan issuing bank dan menjamin sepenuhnya pembayaran. Produk perbankan ini digunakan oleh pihak ekportir.

Bankers Acceptance (Akseptasi Usance L/C)

Bankers Acceptance adalah produk perbankan yang menjanjikan pembayaran UL/C ketika jatuh tempo.

L/C Negotiation

L/C Negotiation adalah layanan perbankan dimana bank bertindak meneruskan dokumen kepada issuing bank untuk mendapatkan pembayaran.

L/C Advising

Pelayanan penerusan L/C dari luar negeri kepada eksportir

, , , , , ,

Comments are closed.